PANDUAN KERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2017 - Andi Zulfadhli Al-Ghiffary

Andi Zulfadhli Al-Ghiffary

Kaur Tata Usaha MTsN Bantaeng

test banner

Monday, October 30, 2017

PANDUAN KERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2017


PANDUAN KERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2017

Penting menjadi perhatian, ketika ada Buku Panduan Kerja Administrasi Sekolah/Madrasah 2017 yang baru. Karena hal demikian menjadikan kita kaya dalam mengeksplorasi bentuk/model-model persuratan apalagi berkaitan langsung dengan satuan kerja dengan tugas-tugas yang memang kita geluti sehari-hari.

Sebagai tenaga administrasi madrasah yang merupakan tenaga pendidikan yang memegang peran
penting dalam meningkatkan layanan administrasi madrasah
dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Sangatlah penting memiliki kompetensi administasi yang dipersyaratkan. Hal ini diatur dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.
 
Dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2008 tersebut dijelaskan bahwa tenaga administrasi sekolah/madrasah terdiri atas kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus. Pelaksana Urusan meliputi pelaksana urusan: administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, administrasi sarana prasarana, administrasi humas, administrasi persuratan dan kearsipan, administrasi kesiswaan, administrasi kurikulum. Petugas layanan khusus, meliputi penjaga sekolah, tukang kebun, pengemudi dan pesuruh. 

Berdasarkan peraturan tersebut, untuk dapat diangkat sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi syarat standar tenaga administrasi sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional.

Dengan tujuan untuk mewujudkan tenaga administrasi sekolah/madrasah yang berkompeten dalam memenuhi tugas dan fungsinya sehari-hari maka Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyusun sebuah buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah yang diharapkan menjadi acuan bagi para pemangku kepentingan dalam melakukan pembinaan bagi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Juga perlu diperhatikan bahwa tenaga administrasi pada madrasah khususnya negeri dapat membandingkan pula dengan Standar Dokumen Administrasi Madrasah yang telah diterbitkan oleh Ditjen Pendis Kemenag RI. Tahun 2013 sekalipun materi-materinya sudah banyak kadaluarsa akibat terbitnya beberapa regulasi tentang tata naskah dinas dalam lingkup kemenag. Namun hal tersebut bisa kita bandingkan dokumen mana yang masih relevan khususnya bagi madrasah. Tentu tidak lain tujuannya adalah sebagai pengayaan untuk mengelola administrasi madrasah yang lebih baik.

Adapun Dokumen "BUKU PANDUAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH" yang saya maksud adalah sebagai berikut :

1. Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah; download
2. Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah (file MS Word); download

Demikian sekedar info..... semoga berguna bagi Abdi Madrasah. Amien....

No comments:

Post a Comment