Carut Marut Kurikulum 2013 (antara harapan dan tantangannya) - Andi Zulfadhli Al-Ghiffary

Andi Zulfadhli Al-Ghiffary

Kaur Tata Usaha MTsN Bantaeng

test banner

Sunday, November 24, 2013

Carut Marut Kurikulum 2013 (antara harapan dan tantangannya)

Apa yang menjadi keunggulan dan terobosan baru dalam kurikulum 2013 ini. Kurikulum menurut para guru MAN Dampang merupakan kurikulum yang masih sulit untuk dipahami apalagi diterapkan.

Letak kerumitannya dimana? Karena kurikulum 2013 ini, yang menurut instruksi dari Kementerian Agama sudah harus dilaksanakan mulai Bulan Januari 2014 untuk / dalam lingkup Kementerian Agama, tetapi sampai sekarang belum ada titik terangnya kapan di sosialisasikan.




Masalah utama yang masih dianggap kendala utama bagi para guru MAN Dampang adalah kurangnya sosialisasi dari pemerintah mengenai kurikulum ini. kendala lainya adalah kurangnya buku-buku cetak yang mendukung.

Oleh karena itu, diharapkan kepedulian pemerintah untuk mengadakan sosialisasi secepatnya. Karena mendalami materi dan sistem yang terdapat dalam kurikulum ini tentu tidak semudah membalikan tangan untuk menerapkan dan menguasai materinya.

Untuk mencairkan masalah caruk marut kebingungan dan keresahan para guru MAN Dampang ini, kami ingin mengusulkan untuk diadakan studi banding kepada sekolah-sekolah yang sudah melaksanakan kurikulum ini, seperti SMAN 1 Bantaeng yang sudah sejak beberapa bulan lalu menerapkannya.

Kita tentunya perlu mengadakan studi banding ini, untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penerapan kurikulum ini, dan apa problemnya ketika dilakukan di daerah. Apakah kurikulum ini efektif dan efisien diterapkan di Bantaeng atau tidak. Sebab kultur di hampir semua daerah dapat dinyakini berbeda antara satu dengan lainnya.

Semoga usulan dan upaya kita nantinya dapat direspon pimpinan dan dapat memberikan pemahaman, bahan perbandingan sebelum dilakukan sosialisasi, dapat mendeteksi masalah-masalah yang dihadapi, dapat membuat pola-pola yang diharapkan dalam mengajar di MAN Dampang.

Guru profesional MAN Dampang harus eksis dan pasti mampu mengatasi dari semua problem yang dihadapinya sekarang dan nanti. Insya Allah.... AMIN.

No comments:

Post a Comment